Astronomi Indonesia



Memperkenalkan Komet Ison

Memperkenalkan Komet Ison

Image Credit & Copyright: Ligustri Rolando

Penjelasan: Bisakah titik yang redup ini menjadi salah satu komet paling terang yang pernah ada? Itu mungkin. Atau, komet bisa pecah ketika semakin mendekati Matahari, atau diterangi dengan lebih sederhana. Pengamat langit di seluruh dunia ramai membicarakan, meskipun, dari spekulasi lebih optimis – bahwa C/2012 S1 (Ison) yang baru ditemukan bisa memiliki ekor spektakuler atau secara singkat mendekati kecerahan bulan purnama menjelang akhir tahun 2013. Komet Ison saat ini sangat samar tapi terlihat pada magnitude 18 pada gambar di atas. Komet ini, ditemukan lebih dari seminggu yang lalu di Rusia oleh Vitali Nevski (Belarus) dan Artyom Novichonok (Rusia), saat ini jatuh ke arah Matahari di antara orbit Jupiter dan Saturnus. Pada awal Oktober 2013 ia akan sangat dekat melewati Mars dan mungkin dapat dilihat oleh penjelajah dan pesawat ruang angkasa yang mengorbit. Komet Ison muncul di jalurnya untuk mencapai status sungrazer (red: bersentuhan dengan matahari) saat melintas dalam radius diameter matahari dari permukaan Matahari pada akhir November 2013. Jikapun bertahan maka akan melintas paling dekat dengan Bumi pada akhir Desember 2013. Para astronom di seluruh dunia akan melacak bola salju besar kotor ini dengan teliti untuk lebih memahami sifat dan bagaimana ia bisa berevolusi selama 15 bulan ke depan.

Artikel Komet Ison Lainnya :  Komet ISON Yang AktifISON, Mars, RegulusKomet ISON Mendekat

Content Credit: Introducing Comet ISON 

Update Redaksi, 29 November 2013: Tadi pagi dini hari waktu Indoensia, komet ISON dinyatakan gagal melewati Matahari dan menguap. Berikut adalah animasinya.

Animasi komet ISON mendekati Matahari

16 comments in “Memperkenalkan Komet Ison”

  1. Evy Kumendong says:


    Trimakasih infonya,menarik sekali untuk dipelajari oleh orang awam seperti saya.kalau bisa dipublikasikan lewat youtube juga tentang perkembangan komet Ison,planet Nibiru,dll setiap waktu dalam bahasa Indonesia karena kebanyakan dalam bahasa Inggris.

  2. admin says:


    terima kasih, untuk youtube sementara ini belum ya, semoga kedepannya bisa kami buat juga.

  3. nandar asseghaf says:


    penasaran pengen liat langsung..

  4. admin says:


    @nandar : sama juga, usahakan ke daerah yg memiliki udara bersih.

  5. aris says:


    tgl berapa komet ison dapat dilihat dengan telanjang mata?

  6. admin says:


    @aris: seharusnya sepanjang bulan Desember 2013 – Januari 2014, disemua tanggal. tapi mulai kapan belum tahu. dan juga hanya terbatas dilokasi2 tertentu dengan langit yang sangat gelap. selain itu, komet Ison blm tentu bisa bertahan setelah melewati jarak terdekatnya dgn Matahari tgl 28 November 2013. Dia bisa lolos, bisa juga terbakar.

  7. sinar says:


    menarik juga untuk dilihat…date line nat geo 28 nov…kita bs tau apa komet ison msi bs bertahan ato hancur akibat lidah matahari…ada beberapa kemungkinan yg yg dijabarkan para peneliti dunia..

  8. satria says:


    jangan lupakan tentang asteroid Aphopis

  9. satria says:


    jika memutari matahari dan kembali kemudian berbenturan pada Bumi , apa dampaknya?

  10. Rahayu says:


    Apa keistimewaan komet ison itu?

  11. wahyoe says:


    mmmm…sangat menarik.thank you bro admin

  12. novi says:


    Kemarin pagi tgl 7 des, di jepara tampak seperti ada 2 matahari, sayapun mengabadikan melalui kamera, apakah mungkin salah satu dr cahaya yg besar tersebut adalah komet ison yg bisa dilihat dr bumi atau fenomena sundog?

  13. admin says:


    @novi : saya tidak melihat berita tanda-tanda kembalinya ISON, hampir semua media astronomi tidak menemukan sisa-sisa jejaknya. jadi kemungkinan itu sundog.

  14. novi says:


    Saya juga mengira seperti itu tp klo melihat berita yg dr BBC dan NG planet ison kembali ke orbitnya, kemudian mungkin akan kelihatan dr bumi dg tgl di awal desember seperti yg sdh dijadwalkan, saya awam ekali mengenai sundog n. Komet ison ini,saat ada cahaya besar disebelah kanan matahari kebanyakan orang di jepara mengatakan ada matahari kembar, penampakan aslinya hampir sama besar tp setelah dilihat dr foto ternyata yg sebelah kanan lebih kecil dan ada ekornya….saya masih punya beberapa dokumentasinya…mohon jika ada info lbh lanjut saya di info lg ya….kami melihat itu kira2 1 jam mulai jam 7-8 setelah matahari terbit, di jepara tampak di sebelah kiri sdgkn di kalimantan terlihat di sebelah kanan

  15. admin says:


    @novi : boleh ada ada link gambarnya di posting disini, biar kita lihat bersama. awal desember sudah lewat, dan tidak ada tanda2 ISON kembali.

  16. novi says:


    Maaf saya kesulitan memposting gambarnya disini, tp saya sempat upload di fb saya novika kristyorini. Kabar yg saya dapat hari ini sepertinya memang benar fenomena sundog krn ada yg berhasil mengambil gambar fenomena tersebut bkn hanya 2 cahaya besar tetapi 3 cahaya besar…terimakasih atas informasi dan sharingnya…senang sekali bisa mendapat tambahan wawasan yg berharga.



Leave a comment