Astronomi Indonesia



Galaksi Centaurus A

Galaksi Centaurus A

Gambar Kredit & Copyright: SSRO-Selatan (Steve Mazlin, Jack Harvey, Daniel Verschatse, Rick Gilbert) dan Kevin Ivarsen (PROMPT / CTIO / UNC)

Penjelasan: Apa galaksi aktif yang paling dekat dengan planet bumi? Itu adalah Centaurus A, hanya berjarak 11 juta tahun cahaya. Mencakup lebih dari 60.000 tahun cahaya, galaksi elips aneh ini juga dikenal sebagai NGC 5128. Ditempa dalam tabrakan dua buah galaksi normal, Centaurus A bercampur aduk dengan gugus bintang biru yang lebih muda umurnya, bintang merah muda membentuk bagian-bagian, dan memaksakan jalur debu gelap yang terlihat di sini secara rinci luar biasa. Potret galaksi yang berwarna-warni tercatat di bawah langit Chili yang cerah di Cerro Tololo Inter-American Observatory. Dekat pusat galaksi, sisa puing-puing kosmik yang terus dikonsumsi oleh pusat lubang hitam dengan massa miliar kali massa Matahari. Seperti galaksi aktif lainnya, proses itulah yang menghasilkan gelombang radio, sinar X, dan energi sinar gamma yang dipancarkan oleh Centaurus A.

2 comments in “Galaksi Centaurus A”

  1. basrowiamjaya says:


    antar planet dalam satu galaxi dapat terjadi tubrukan ,apa lagi galaxi yang terus bergerak tanpa henti semoga benar atau mesti benar

  2. Asra wijaya says:


    Awalnya jagat raya ini ada di kata “ketiadaan”, yang ada hanya GOD ALL MIGTHY



Leave a comment