Astronomi Indonesia



Dalam Bayangan Cincin Saturnus

Dalam Bayangan Cincin Saturnus

Image Credit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute/J. Major

Penjelasan: Robot manusia yang mengorbit Saturnus telah merekam satu lagi pemandangan yang menakjubkan. Robot itu, tentu saja, adalah pesawat ruang angkasa Cassini, sedangkan pemandangan baru yang menakjubkan mencakup sebuah bulan yang terang, cincin tipis, awan berbentuk aneh, dan bayangan melengkung. Titan, bulan terbesar Saturnus, muncul di atas berwarna sawo matang tanpa tanda-tanda khusus karena terus diselimuti awan tebal. Cincin – cincin Saturnus terlihat sebagai garis tipis karena mereka begitu datar dan dicitrakan hampir seperti garis tepi. Oleh sebab itu rincian cincin Saturnus terlihat paling baik dalam bayang-bayang pada bagian atas awan planet raksasa. Karena partikel cincin mengorbit dalam satu bidang yang sama dengan Titan, mereka muncul seperti menusuk bulan Titan, di belahan bagian atas planet Saturnus, menampilkan banyak detail awan, termasuk tekanan permukaan di bagian yang terang dan panjang yang menunjukkan gangguan dalam aliran jet pada ketinggian yang tinggi. Pengukuran presisi terakhir atas berapa banyak perubahan bentuk bulan Titan selama ia mengorbit Saturnus menunjukkan bahwa mungkin terdapat lautan air yang luas jauh di bawah lapisannya.

Content Credit: In the Shadow of Saturns Rings

 

3 comments in “Dalam Bayangan Cincin Saturnus”

  1. polisi EYD says:


    1. “Humanity”. Sepemahaman saya ini bukan nama jadi bisa diterjemahkan ke bahasa Indonesia sesuai dnegan padanannya.

    2. “Flex”. Sepemahaman saya ini mengenai bagaimana lintasan Titan akan dipengaruhi oleh komposisi Titan itu sendiri (misal lintasannya dll.), bukan berapa banyak pergerakan Titan seperti yang saudara tuliskan di atas.

  2. admin says:


    terima kasih banyak atas koreksinya, sudah diperbaiki :). tapi untuk yang “flex”, bukan perubahan lintasan yg dipengaruhi komposisi, tetapi perubahan bentuk dari Titan itu sendiri yg berubah karena lintasannya yg elips. semakin dekat ke Saturnus, semakin lonjong disebabkan karena gaya tarik gravitas yang semakin kuat.

  3. polisi EYD says:


    Terima kasih untuk koreksi saran saya yang salah mengenai “flex”. Saya tidak membuka tautan yang disediakan di laman asli APOD saat menulis komentar pertama di atas.

    Sepemahaman saya padanan “Humanity” bukan manusia. Dari laman Merriam Webster :

    http://www.merriam-webster.com/dictionary/humanity



Leave a comment