Astronomi Indonesia



Transit Venus 2012

Venus Transit 2012

Image Credit & Copyright: Chris Hetlage

Penjelasan: Terjadi berpasangan dan dipisahkan lebih dari seratus tahun lamanya, kini hanya ada delapan transit Venus yang terjadi sejak penemuan teleskop pada tahun 1608.  Berikutnya akan terjadi pada bulan Desember 2117.  Tetapi banyak teleskop dan kamera modern telah dilatih pada saat Venus transit pekan ini, menangkap siluet langka planet tersebut terhadap Matahari.  Dalam pandangan teleskopik yang tajam dari Georgia, USA, sebuah filter narrowband H-alpha digunakan untuk menunjukkan piringan bulat planet terhadap permukaan matahari yang berbintik-bintik dengan filamen gelap, bintik matahari, dan prominences (red.tonjolan). Transit itu sendiri berlangsung selama 6 jam dan 40 menit. Secara historis, astronom menggunakan perhitungan waktu transit dari lokasi yang berbeda untuk melacak jarak ke Venus, sementara para astronom modern secara aktif mencari planet-planet jauh yang transit di Matahari.

Content Credit: Venus Transit 2012

2 comments in “Transit Venus 2012”

  1. peminat astronomi says:


    Cantiknya…..
    Mengapa di permukaan Matahari ada bintiknya? Saya kira permukaanya halus. Terus karena tidak ada petunjuk di gambar, apakah filamen itu fitur yang seperti ular itu?

  2. admin says:


    menurut info sih blm ada kepastian mengapa timbul bintik, timbulnya yang bersiklus hilang muncul dst. ada yang bilang bintik tersebut berwarna hitam karena plasma, gas elektrik atau perbedaan suhu yg tajam antar area di permukaan, area/plasma ini berpindah2 dari kutub ke ekuator dst. filamen seperti ular itu termasuk bintik matahari.



Leave a comment