Astronomi Indonesia



Pemandangan Cahaya Zodiak

Pemandangan Cahaya Zodiak

Gambar Kredit & Copyright: Miloslav Druckmüller (UM FSI, Brno Univ of Technology.), Shadia Habbal (IFA, Univ of Hawaii.)

Penjelasan: Dari timur ke ufuk barat, ini adalah panorama 360 derajat mengikuti pita cahaya zodiak sepanjang bidang ekliptika tata surya. Debu sinar matahari menghasilkan hamburan cahaya zodiak samar, yang mencakup bidang dari koordinat mendasar dari falak, sesuai dengan jalur tahunan Matahari yang melalui langit dan bidang orbit bumi. Pemandangan yang menarik ini adalah sebuah gabungan dari beberapa gambar yang diambil dari senja hingga fajar selama satu malam di dua lokasi berbeda di Mauna Kea. Lampu-lampu dari Hilo, Hawaii berada di cakrawala (kiri) timur, bersama Subrau dan struktur kembar teleskop Keck dekat cakrawala barat. Pada malam tanpa bulan yang dipilih waktunya dengan cermat, Venus bersinar sebagai bintang pagi tepat di atas ufuk timur, dan Saturnus dekat dengan oposisi. Bahkan, Saturnus terbenam dalam terangnya pita zodiak yang dikenal sebagai gegenschein. Gegenschein ini juga terletak dekat 180 derajat jarak sudut dari Matahari sepanjang ekliptika. Dalam proyeksi gabungan, bidang galaksi Bima Sakti bergerak melintasi pita horisontal cahaya zodiak di atas dua cakrawala. Sementara itu nebula, bintang, dan awan debu dari pusat galaksi menonjol terbit di ufuk timur.

1 comment in “Pemandangan Cahaya Zodiak”

  1. Cahaya Zodiac dan Bima Sakti | Astronomi Indonesia says:


    […] dalamnya, bidang galaksi Bima Sakti kita melengkung di atas airglow samar di sepanjang cakrawala. Cahaya zodiak, berkas dari hamburan debu yang terkena sinar matahari di sepanjang bidang ekliptika tata surya, […]



Leave a comment