Astronomi Indonesia



Bulan bertemu Jupiter

Bulan Meets Jupiter

Image Credit & Copyright: Cristian Fattinnanzi

Penjelasan: Para skygazers di seluruh planet Bumi menikmati pertemuan dekat antara planet-planet dengan Bulan pada langit dini hari 15 Juli. Dan ketika banyak yang melihat Jupiter terang di sebelah Bulan sabit yang ramping dan terlihat memudar, Eropa juga memiliki kesempatan untuk menyaksikan gas besar melewati bagian belakang piringan Bulan Рterlihat gaib oleh bulan seiring dengan berlalunya malam. Awan-awan terlihat mengancam dalam pandangan teleskopik dari Montecassiano, Italy, tetapi  frame ini masih menangkap Jupiter setelah ia muncul dari kegaiban bersama dengan keempat Bulan besar Galilea-nya.Bagian Bulan sabit yang diterangi Matahari terlihat overekspos ketika sisi gelap Bulan secara samar-samar diterangi oleh cahaya Bumi. Berbaris dari kiri ke sebelah kanan di luar Bulan gelap adalah Callisto, Ganymede, Jupiter, Io dan Europa. Bahkan, Callisto, Ganymede dan Io lebih besar daripada Bulan-nya planet Bumi, sedangkan Europa hanya sedikit lebih kecil.

Content Credit: Moon Meets Jupiter

2 comments in “Bulan bertemu Jupiter”

  1. Indah Dewi Noer Suoen Shien Qubro Nesie Valles Presetiye Al Zan Al Ong says:


    Malam ini bulan sabit dan ada cahaya terang dekat bulan sabit yang terlihat oleh mata ku dan tak jauh dari cahaya terang seperti bintang ada juga bebarapa cahaya terang apakeh ini pLanet apa hanya bintang? ye mohon informasinya ye, wasalam,tq

  2. admin says:


    sebagian besar konjungsi (pertemuan) bulan selalu dengan planet, jarang dengan bintang. maaf tidak tahu planet apa tersebut (tdk melihat langsung)



Leave a comment