Astronomi Indonesia



Airglow Di Atas Italia

Airglow Di Atas Italia

Image Credit & Copyright: Tamas Ladanyi (TWAN)

Penjelasan: Dalam pemandangan langit malam yang tenang ini, busur anggun Bima Sakti membentang di atas puncak pegunungan Alpen Italia yang dikenal dengan Tre Crime di Lavaredo. Panorama dengan sudut lebar 180 derajat tersebut dibuat dalam 4 eksposur pada tanggal 24 Agustus, dimana kejadian ini memang terlihat ke arah utara dan langit diliputi cahaya kehijauan yang menakutkan. Walaupun demikian,  jalur yang berpendar halus ini bukanlah aurora, namun airglow. Tidak seperti aurora yang ditenagai oleh benturan antara partikel bermuatan energi  dan terlihat di tempat yang tinggi, airglow disebabkan oleh chemiluminescence, yaitu produksi cahaya dalam reaksi kimia, dan ditemukan di seluruh penjuru Bumi. Energi kimia ini berasal dari radiasi ultraviolet Matahari yang ekstrim. Seperti aurora,  rona kehijauan dari airglow juga muncul pada ketinggian 100 kilometer atau lebih yang didominasi oleh emisi dari tarikan atom oksigen. Lebih mudah terlihat di dekat cakrawala, airglow menjaga langit malam agar tidak selalu gelap gulita.

Content Credit: Airglow over Italy

2 comments in “Airglow Di Atas Italia”

  1. sigit kamseno says:


    sungguh indah sempurna ALAM SEMESTA – Karya Agung Maha Pencipta.// Ia begitu besar dan amat luas.// Kita hanyalah makhluk_Nya yang kecil yang menempati sebuah planet Bumi, sementara pada bentang raya Alam Semesta masih ada planet-planet lainnya, bintang yang berjuta-juta jumlahnya, dan benda-benda angkasa lainnya.// Benih-benih pengtahuan tentang Alam Semesta ini, perlu ditabur-tanamkan pada lahan usia dini anak-anak kita.// Kiranya pihak ASTRONOMI INDONESIA atau LAPAN dapat melakukan presentasi secara reguler berkelanjutan dengan cara yg sederhana buat anak-anak kita.// terimakasih.//

  2. Asima Hutabarat says:


    Kagum, kagum, kagum dan hanya kagum ketika membaca dan mengetahui apa yang ada di alam semesta ini, keajaiban-keajaiban dan keindahan rahasia galaksi2, berjuta bintang, langit, dan benda-benda angkasa dan keindahan yang terpancar disana. Tak habis aku heran akan kebesaran ciptaan yang Maha Kuasa. Terimakasih juga untuk pihak yang telah memberikan informasi tentang artikel ini, sehingga kami juga bisa menikmati keindahan alam semesta dan keajaibannya….



Leave a comment